Menu Atas

BankSyariah     BaselCommittee     PerangMataUang     Ekonomi     Kontak     About Us     Video    

Monday, March 1, 2010

Senin, 01/03/2010 16:45 WIB
SBY: Meski Tidak Izin Saya, Penyelamatan Ekonomi Sudah Benar
Anwar Khumaini - detikFinance

Jakarta - Presiden SBY menyatakan meskipun saat keputusan bailout Bank Century tidak melalui izinnya, namun keputusan penyelamatan Century ini sudah benar karena bertujuan untuk menyelamatkan perekonomian.

"Meski dalam merumuskan langkah tindak perbankan dan perekonomian yang mesti dilakukan terhadap Bank Century oleh Gubernur BI dan Menkeu tidak melalui izin saya, karena beliau bekerja dengan UU, saya katakan yang dilakukan penyelamatan perekonomian kita adalah benar," tutur SBY dalam pertemuan dengan para bankir di kantornya, Jakarta, Senin (1/3/2010).

SBY mengatakan, keputusan penyelamatan Bank Century yang dilakukan oleh Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) yang terdiri dari Gubernur BI saat itu Boediono dan Menteri Keuangan Sri Mulyani, merupakan pilihan yang diambil untuk menyelamatkan Indonesia dari ancaman krisis global yang terjadi saat itu.

"Untuk mengukur kebijakan tepat atau tidak, tentu tidak bisa hitam putih. Tapi kalau saya gunakan logika apakah harus selamat atau jatuh seperti krisis," ujarnya.

Dikatakan SBY, jika saat itu terjadi kepanikan di masyarakat, maka krisis bisa langsung terjadi. Apalagi negara-negara lain sudah menerapkan blanket guarantee, sementara Indonesia hanya menjamin dana nasabah sampai Rp 2 miliar saja.

"Dalam konteks seperti itulah harus diambil tindakan itu, harus dilakukan langkah-langkah oleh negara. Dalam hal ini pemerintah dan negara harus secure," imbuhnya.

Dalam konteks penyelamatan Bank Century, SBY mengatakan, memang harus diambil keputusan secara cepat mengingat situasi krisis global yang terjadi dan mengancam saat itu.
(dnl/qom)

No comments:

Post a Comment